WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (KURMER) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Hendry Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Chairul Rizal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Irwan Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.111

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Teknologi Industri 4.0, keterampilan mengajar, pendidikan inovatif, workshop.

Abstrak

Teknologi Industri 4.0 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Dalam menghadapi perubahan ini, penting bagi pendidik untuk memiliki keterampilan mengajar yang relevan dengan tuntutan era digital ini. Kurikulum Merdeka (KurMer) muncul sebagai pendekatan yang inovatif dalam mengembangkan kompetensi siswa, yang memberikan kebebasan dalam pemilihan materi pembelajaran. Namun, implementasi KurMer memerlukan persiapan yang matang, terutama dalam hal keterampilan mengajar untuk Teknologi Industri 4.0. Workshop ini bertujuan untuk membahas dan meningkatkan pemahaman para pendidik mengenai implementasi KurMer dalam konteks Teknologi Industri 4.0. Workshop ini akan melibatkan partisipan dari berbagai latar belakang, termasuk pendidik dari tingkat pendidikan dasar hingga tinggi. Workshop akan memberikan wawasan tentang esensi KurMer dan bagaimana pendekatan ini dapat diintegrasikan dengan kebutuhan Teknologi Industri 4.0. Workshop akan mencakup sejumlah topik kunci, antara lain adalah pemahaman mendalam tentang Teknologi Industri 4.0 dan dampaknya terhadap dunia pendidikan, strategi pelaksanaan KurMer yang efektif, pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan era digital, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, serta evaluasi dan penilaian berbasis kompetensi. Para peserta akan terlibat dalam sesi diskusi, studi kasus, dan latihan praktis untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam merancang dan mengajar dengan pendekatan KurMer. Diharapkan hasil dari workshop ini adalah peningkatan kemampuan para pendidik dalam mengintegrasikan KurMer dalam konteks Teknologi Industri 4.0, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan persiapan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Workshop ini diharapkan juga dapat menjadi wahana untuk pertukaran ide dan pengalaman antar pendidik, sehingga tercipta kolaborasi yang mendorong inovasi dalam pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Klaus Schwab. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

David G. Fink, Monica E. Cardella, Patricia P. Clapper. (2017). Education for the Fourth Industrial Revolution. Purdue University Press.

Kemdikbud. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.

Attard, A., & Lancaster, T. (2016). Integrating technology in teaching and learning: A synthesis of meta-analyses. Computers & Education, 96, 77-93.

Voogt, J., Fisser, P., Pareja Roblin, N., Tondeur, J., & van Braak, J. (2013). Technological pedagogical content knowledge - a review of the literature. Journal of Computer Assisted Learning, 29(2), 109-121.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client

Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada

Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Hendry, Rizal, C., Supiyandi, & Irwan. (2023). WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (KURMER) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0. JURIBMAS : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.111

Terbitan

Bagian

Articles