Pengenalan dan Implementasi Sistem Informasi Profil Sekolah Berbasis Web sebagai Media Promosi dan Manajemen Data di PAUD Istiqomah Kota Binjai
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.366Kata Kunci:
Sistem Informasi, PAUD, Profil Sekolah, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan Sistem Informasi Profil PAUD berbasis web kepada guru dan admin di PAUD Istiqomah Kota Binjai. Sistem ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan data profil sekolah, data peserta didik, dokumentasi kegiatan, serta komunikasi antara sekolah dan orang tua. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sesi pelatihan langsung yang mencakup demonstrasi, praktik penggunaan, dan diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sistem ini diterima dengan baik oleh para pengguna karena memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan informasi sekolah. Diharapkan, dengan sistem ini, proses administrasi di lingkungan PAUD dapat berjalan lebih efektif dan transparan.
Unduhan
Referensi
Hapsari1, A. D., Wasiyanti, S., & Widiastuti, L. (2024). Implementasi Pencatatan Laporan Keuangan Menggunakan Zahir Accounting Versi 6 Pada Toko Yeni Cibareno. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (AKASIA), 4(2), 33–37.
Irawan, Y. (2020). Sistem Pengeloaan Arsip Surat dan Dokumen pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis. Riau Journal of Computer Science, 06(02), 154–159.
Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai Menggunakan PHP Dan MySQL. Lentera Dumai, 10(2), 46–57.
Pauddikdasmen. (2025). Data Pokok PAUD Istiqomah.
Putri, M., Wibowo, P., Aryza, S., Siahaan, A. P. U., & Rusiadi. (2018). An Implementation of A Filter Design Passive LC In Reduce a Current Harmonisa. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(7), 867–873.
Rizal, C., Kartika, S., Supiyandi, S., Zen, M., & Amin, M. (2020). Analisis Minat Mahasiswa Terhadap Proses Audit Di Era Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Audit TI. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(2), 26–33. https://doi.org/10.30829/algoritma.v4i2.8522
Siahaan, A. P. U. (2024). Peningkatan Kapasitas Petugas Bea Cukai Belawan melalui Pelatihan Adobe Illustrator untuk Mendukung Visualisasi Data dan Publikasi. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(2), 354–362.
Aristya, S., & Zamroni, Z. (2024). EVALUASI PENERAPAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TAHFIDZUL QUR’AN AHLUS SHUFFAH BALIKPAPAN. Al-Rabwah, 18(01), 49–62.
Hasanuddin, M., Putra, R. R., Siregar, M. N. H., & Khodijah, S. (2024). Pelatihan Aplikasi Program Paket Niaga dan Internet Dalam Pengembangan Kompetensi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 291–295.
Khodijah, S., & Harahap, R. R. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Dasar Komputer Dan Internet di Desa Saentis. 3(3), 162–167.
Leon, M. (2023). Pelatihan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Suntenjaya. SIKAMA : Sinergi Akademisi Dan Masyarakat, 1(1), 64–69. https://doi.org/10.61488/sikama.v1i1.5
Malian, M. (2025). Perubahan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Oku Timur Sumatera Selatan. 3(3), 175–180.
Rizal, C., Fachri, B., & Hasanuddin, M. (2024). Sosialisasi Sistem Aplikasi Administrasi Desa Berbasis Web ( SI-BANDID ) Desa Sei Limbat Kabupaten Langkat. 3(2), 98–103.
Rochmawati, N., Yamasari, Y., Yustanti, Wi., Qoiriah, A., & Aviana, A. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru MI Al Ahmad, Krian, Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 46–52.
Supina Batubara, Eko Hariyanto, & Afdi Afandi. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Akses E-Commerce melalui Aplikasi SEMBOL di Masyarakat Pasar Tradisional Gambir Percut Sei Tuan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 336–341. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.257
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andysah Putera Utama Siahaan, Dinda Novita Sari Muham

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.