Sosialisasi Peningkatan Ketahanan Finansial Mahasiswa Melalui Literasi Asuransi Metode Hybrid Berbasis Sistem Informasi Adaptif
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.447Kata Kunci:
Ketahanan finansial, literasi asuransi, sistem informasi adaptif, pendidikan tinggi, pemberdayaan mahasiswa, manajemen risiko, edukasi keuangan digital, pengabdian masyarakatAbstrak
Ketahanan finansial merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung kesejahteraan mahasiswa selama menempuh pendidikan tinggi. Namun, tingkat literasi keuangan, khususnya dalam aspek asuransi, masih tergolong rendah di kalangan mahasiswa, yang berimplikasi pada minimnya pemahaman terhadap manajemen risiko dan perlindungan keuangan jangka panjang. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan finansial mahasiswa melalui penguatan literasi asuransi berbasis sistem informasi adaptif. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kampus STIM SUKMA dengan melibatkan mahasiswa sebagai peserta utama.
Metodologi pelaksanaan meliputi tiga tahap utama: (1) pra-kegiatan, berupa asesmen awal untuk mengukur tingkat literasi asuransi peserta; (2) kegiatan inti, berupa pelatihan interaktif yang menggunakan platform sistem informasi adaptif yang dirancang khusus untuk memberikan materi edukasi asuransi sesuai tingkat pemahaman pengguna, serta simulasi pengambilan keputusan finansial dalam skenario risiko; dan (3) pasca-kegiatan, berupa evaluasi pemahaman melalui pretest-posttest dan survei kepuasan peserta. Materi pelatihan mencakup konsep dasar asuransi, jenis-jenis produk asuransi, manfaat perlindungan finansial, serta panduan dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman mahasiswa terhadap konsep asuransi dan pentingnya manajemen risiko pribadi. Program ini diharapkan menjadi model edukasi finansial digital yang dapat direplikasi di berbagai perguruan tinggi untuk mendorong generasi muda yang lebih tanggap, mandiri, dan resilien secara finansial.
Unduhan
Referensi
Aristei, D., & Gallo, M. (2025). Financial literacy, robo-advising, and the demand for human financial advice: Evidence from Italy. arXiv preprint arXiv:2505.20527. https://doi.org/10.48550/arXiv.2505.20527
Gherman, O., Turcu, C. E., & Turcu, C. O. (2022). An approach to adaptive microlearning in higher education. arXiv preprint arXiv:2205.06337. https://doi.org/10.48550/arXiv.2205.06337
Irumba, A., & Zikusooka, E. (2025). Financial literacy and its effect on university students’ budgeting and spending habits: A case study of Uganda Christian University. International Journal of Financial Education, 4(3), 76–89.
James, T. G., Sullivan, M. K., Dumeny, L., Lindsey, K., Cheong, J., & Nicolette, G. (2020). Health insurance literacy and medical care avoidance among college students. Journal of American College Health, 68(2), 200–206. https://doi.org/10.1080/07448481.2018.1546185
Kaiser, T., & Lusardi, A. (2024). Financial literacy and financial education: An overview. CESifo Working Paper No. 11070. https://www.cesifo.org/DocDL/cesifo1_wp11070.pdf
Koo, K., & Rademakers, J. (2024). How do citizens with low health insurance literacy choose a health insurance policy in the Netherlands? An interview study. BMC Health Services Research, 24, 1567. https://doi.org/10.1186/s12913-024-12062-0
Lahoti, K. R., Hanji, S., Kamble, P., & Vemuri, K. (2023). Impact of loss-framing and risk attitudes on insurance purchase: Insights from a game-like interface study. arXiv preprint arXiv:2310.13300. https://doi.org/10.48550/arXiv.2310.13300
Lockett, A., & Borji, S. (2025). Digital search and health insurance literacy in the U.S.: Implications for young adults. Canadian Journal of Academic Information Studies, 15(2), 112–130. https://doi.org/10.29173/cais1916
Lu, Y.-C., Lu, C.-H., & Chiang, Y.-T. (2025). Enhancing children’s insurance-related knowledge and learning through digital game-based learning. International Journal of Serious Games, 12(2), 879–898. https://doi.org/10.17083/ijsg.v12i2.879
Nature Social Science. (2025). Compulsory education enhances financial inclusion across sociodemographic groups. Nature Social Science, 11, Article 4911. https://doi.org/10.1038/s41599-025-04911-y
OECD. (2025). Financial literacy class: Teens lack financial literacy and maths skills for digital economy. Financial Times. https://www.ft.com/content/149932a8-fc80-4b82-9da3-052252430fdf
Setyadi, A., Pawirosumarto, S., Damaris, A., & Dharma, R. (2025). Risk management, digital technology literacy, and modern learning environments in enhancing learning innovation performance: A framework for higher education. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-025-12578-5
Stevens, A. B., Muresan, L., & Varga, B. (2023). Health insurance literacy and healthcare utilization among international university students. International Journal of Public Health, 68, Article 160578. https://doi.org/10.3389/ijph.2023.160578
Tioseco, B. B., & Monteblanco, A. L. (2024). Financial literacy and insurance uptake intention among rural area families in Digos City. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 45–58. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2024.71105
Upadhyay, S. S. N., Merrell, L. K., Temple, A. T., & Henry, D. S. (2022). Exploring the impact of instruction on college students’ health insurance literacy. Journal of Community Health, 47(4), 697–703. https://doi.org/10.1007/s10900-022-01085-z
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Supina Batubara, Eka Pandu Cynthia, Randi Rian Putra, Alabbas Hussein Saeed, Zulham Zulham

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.