Pelatihan Kreatifitas Penggunaan Youtube Untuk Memperkenalkan Produk Umkm Desa Klambir V Kebon
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.653Keywords:
Pemasaran YouTube, Literasi Digital, Pemberdayaan UMKM, Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Ekonomi LokalAbstract
Pemanfaatan media digital menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, banyak pelaku UMKM di Desa Klambir V Kebon yang belum memaksimalkan penggunaan platform YouTube sebagai sarana promosi produk. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan konten video, pengelolaan kanal YouTube, serta strategi pemasaran digital yang efektif. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui penyampaian materi teori dan praktik langsung dalam bentuk workshop. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memproduksi konten video yang menarik, mengoptimalkan kanal YouTube, serta menerapkan strategi pemasaran digital. Dampak dari pelatihan ini diharapkan dapat membantu UMKM memperluas jangkauan pasar, meningkatkan daya saing produk lokal, serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.
Downloads
References
Candra, M. F. (2022). Efektivitas YouTube sebagai media promosi program studi ilmu komunikasi Fisip UNPAS. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231–236.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic review: Strategi pemberdayaan pelaku UMKM menuju ekonomi digital melalui aksi sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan internet marketing dalam meningkatkan pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 39–45.
Judijanto, L., Heryadi, D. Y., Sihombing, R. S. M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223–229.
Khodijah, S., & Harahap, R. R. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Dasar Komputer Dan Internet di Desa Saentis. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(3), 162–167.
Khotimah, S., Setiarso, O., Kurniasih, R., Karunia, M., & Soedirman, U. J. (2023). Pelatihan E- Marketing Bagi Penggiat. JURIBMAS, 01(03), 95–101.
Rahayu, M., & Fitriyah, Z. (2024). Keterampilan foto dan video sebagai peningkatan branding produk bagi UMKM Kelurahan Rungkut Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 152–158.
Supina Batubara, Eko Hariyanto, & Afdi Afandi. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Akses E-Commerce melalui Aplikasi SEMBOL di Masyarakat Pasar Tradisional Gambir Percut Sei Tuan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 336–341. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.257
Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA UNTUK E-GOVERNMENT DESA TOMUAN HOLBUNG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.6848
Zen, M., Saragih, R., Gultom, I., Puspita, A., Sinaga, S., & Pandu, E. (2025). Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kursus Komputer di LKP Karya Prima Secara Hybrid. 4(1), 66–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zen, Muhammad Iqbal, Zulham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Muhammad Zen
								Muhammad Zen
							 
							




















