Pelatihan Kreatifitas Penggunaan Youtube Untuk Memperkenalkan Produk Umkm Desa Klambir V Kebon

Authors

  • Muhammad Zen Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan
  • Muhammad Iqbal Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan
  • Zulham Universitas Dharmawangsa, Medan

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.653

Keywords:

Pemasaran YouTube, Literasi Digital, Pemberdayaan UMKM, Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Ekonomi Lokal

Abstract

Pemanfaatan media digital menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, banyak pelaku UMKM di Desa Klambir V Kebon yang belum memaksimalkan penggunaan platform YouTube sebagai sarana promosi produk. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan konten video, pengelolaan kanal YouTube, serta strategi pemasaran digital yang efektif. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui penyampaian materi teori dan praktik langsung dalam bentuk workshop. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memproduksi konten video yang menarik, mengoptimalkan kanal YouTube, serta menerapkan strategi pemasaran digital. Dampak dari pelatihan ini diharapkan dapat membantu UMKM memperluas jangkauan pasar, meningkatkan daya saing produk lokal, serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, M. F. (2022). Efektivitas YouTube sebagai media promosi program studi ilmu komunikasi Fisip UNPAS. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231–236.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic review: Strategi pemberdayaan pelaku UMKM menuju ekonomi digital melalui aksi sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan internet marketing dalam meningkatkan pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 39–45.

Judijanto, L., Heryadi, D. Y., Sihombing, R. S. M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223–229.

Khodijah, S., & Harahap, R. R. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Dasar Komputer Dan Internet di Desa Saentis. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(3), 162–167.

Khotimah, S., Setiarso, O., Kurniasih, R., Karunia, M., & Soedirman, U. J. (2023). Pelatihan E- Marketing Bagi Penggiat. JURIBMAS, 01(03), 95–101.

Rahayu, M., & Fitriyah, Z. (2024). Keterampilan foto dan video sebagai peningkatan branding produk bagi UMKM Kelurahan Rungkut Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 152–158.

Supina Batubara, Eko Hariyanto, & Afdi Afandi. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Akses E-Commerce melalui Aplikasi SEMBOL di Masyarakat Pasar Tradisional Gambir Percut Sei Tuan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 336–341. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.257

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA UNTUK E-GOVERNMENT DESA TOMUAN HOLBUNG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.6848

Zen, M., Saragih, R., Gultom, I., Puspita, A., Sinaga, S., & Pandu, E. (2025). Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kursus Komputer di LKP Karya Prima Secara Hybrid. 4(1), 66–72.

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Zen, M., Muhammad Iqbal, & Zulham. (2025). Pelatihan Kreatifitas Penggunaan Youtube Untuk Memperkenalkan Produk Umkm Desa Klambir V Kebon. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 379–385. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.653