Pelatihan Strategi Marketing Pemanfaatan Content Creator Pada Bisnis Food and Beverage Studi Kasus Bisnis Madu Hutan
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.460Keywords:
UMKM, strategi pemasaran digital, content creator, madu hutan, pengabdian masyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemasaran digital UMKM Kiyaba Honey melalui pelatihan dan implementasi strategi marketing berbasis content creator. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah keterbatasan strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan digital serta kurangnya pemanfaatan media sosial secara optimal. Metode kegiatan meliputi identifikasi profil bisnis, pelatihan strategi pemasaran digital, pemilihan content creator yang sesuai, produksi konten, dan evaluasi kinerja promosi secara kuantitatif dan kualitatif. Dua content creator terlibat dalam implementasi: Adlin Shaliyan (200.000 follower TikTok) dan Efi Winarti (10.000 follower), keduanya ditargetkan untuk menjangkau segmen usia dewasa di atas 35 tahun. Hasil menunjukkan bahwa konten dari Adlin mampu menjangkau 1.350 penonton dan menghasilkan peningkatan awareness tinggi, namun belum menghasilkan penjualan langsung. Sementara konten dari Efi memiliki jangkauan lebih rendah (220 penonton) namun menghasilkan 4 transaksi penjualan. Evaluasi kualitatif menunjukkan bahwa keduanya mendapatkan nilai rata-rata di atas 4,3 dari skala 5, yang mencerminkan kinerja konten yang baik dan sesuai dengan arahan. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan content creator dapat menjadi strategi efektif dalam memperluas visibilitas dan meningkatkan interaksi dengan konsumen, serta mendorong penjualan apabila dikombinasikan dengan pendekatan yang tepat
Downloads
References
Aprila, V., & Pribadi, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @maksimalindiri. Prologia, 7(2). https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21382
Astri Dwi Jayanti Suhandoko, Mohbir Umasugi, & Lisda Ariani Simabur. (2022). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DIGITAL MENJADI A REMARKABLE CONTENT CREATOR DI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE, MALUKU UTARA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 1. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.90
Athalia, J. A., & Sukendro, G. G. (2023). Komunikasi Pemasaran Produk Herbaleo melalui Media Sosial TikTok (Strategi Content Creator). Prologia, 7(2). https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21415
Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. JDMR Jurnal Digital Media & Relationship, 5(2).
Indriany, Y., Sintesa, N., Darmawan, Setiawan, & Rahmadhani, M. V. (2022). Pelatihan Optimalisasi Media Sosial untuk Menambah Cuan pada Warga Belajar PKBM. Jurnal Abdimas PLJ, 2(2).
Octavia Isroissholikhah, W. (2022). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.507
Octavianus, A., & Oktavianti, R. (2022). Personal Branding Influencer pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus pada Akun @veliaveve). Koneksi, 6(2). https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15779
Paramesti, E. M., Alamiyah, S. S., & Cahayani, F. Y. (2021). Trend Peralihan Artis Televisi Menjadi Youtube Content Creator. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.2.139-152
Sulistianto, T., Rahmawati, S., & Kartika, L. (2022). STRATEGI PENINGKATAN PROFITABILITAS PROFESI CONTENT CREATOR SEBAGAI ALTERNATIF PILIHAN KARIER ERA 4.0. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4). https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.409
Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2).
Tafesse, W., & Dayan, M. (2023). Content creators’ participation in the creator economy: Examining the effect of creators’ content sharing frequency on user engagement behavior on digital platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 73. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103357
Tanjung, M. R. (2021). Video Chanel Youtube Sebagai Media Baru Pembelajaran Creative Art. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 6(2). https://doi.org/10.22303/proporsi.6.2.2021.114-123
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edrian Hadinata, Dedy Irwan, Andi Marwan Elhanafi, Divi Handoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.