Pelatihan Strategi Marketing Pemanfaatan Content Creator Pada Bisnis Food and Beverage Studi Kasus Bisnis Madu Hutan

Penulis

  • Edrian Hadinata Universitas Harapan Medan
  • Dedy Irwan Universitas Harapan Medan, Medan
  • Andi Marwan Elhanafi Universitas Harapan Medan, Medan
  • Divi Handoko Universitas Harapan Medan, Medan

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.460

Kata Kunci:

UMKM, strategi pemasaran digital, content creator, madu hutan, pengabdian masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemasaran digital UMKM Kiyaba Honey melalui pelatihan dan implementasi strategi marketing berbasis content creator. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah keterbatasan strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan digital serta kurangnya pemanfaatan media sosial secara optimal. Metode kegiatan meliputi identifikasi profil bisnis, pelatihan strategi pemasaran digital, pemilihan content creator yang sesuai, produksi konten, dan evaluasi kinerja promosi secara kuantitatif dan kualitatif. Dua content creator terlibat dalam implementasi: Adlin Shaliyan (200.000 follower TikTok) dan Efi Winarti (10.000 follower), keduanya ditargetkan untuk menjangkau segmen usia dewasa di atas 35 tahun. Hasil menunjukkan bahwa konten dari Adlin mampu menjangkau 1.350 penonton dan menghasilkan peningkatan awareness tinggi, namun belum menghasilkan penjualan langsung. Sementara konten dari Efi memiliki jangkauan lebih rendah (220 penonton) namun menghasilkan 4 transaksi penjualan. Evaluasi kualitatif menunjukkan bahwa keduanya mendapatkan nilai rata-rata di atas 4,3 dari skala 5, yang mencerminkan kinerja konten yang baik dan sesuai dengan arahan. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan content creator dapat menjadi strategi efektif dalam memperluas visibilitas dan meningkatkan interaksi dengan konsumen, serta mendorong penjualan apabila dikombinasikan dengan pendekatan yang tepat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprila, V., & Pribadi, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @maksimalindiri. Prologia, 7(2). https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21382

Astri Dwi Jayanti Suhandoko, Mohbir Umasugi, & Lisda Ariani Simabur. (2022). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DIGITAL MENJADI A REMARKABLE CONTENT CREATOR DI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE, MALUKU UTARA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 1. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v1i1.90

Athalia, J. A., & Sukendro, G. G. (2023). Komunikasi Pemasaran Produk Herbaleo melalui Media Sosial TikTok (Strategi Content Creator). Prologia, 7(2). https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21415

Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. JDMR Jurnal Digital Media & Relationship, 5(2).

Indriany, Y., Sintesa, N., Darmawan, Setiawan, & Rahmadhani, M. V. (2022). Pelatihan Optimalisasi Media Sosial untuk Menambah Cuan pada Warga Belajar PKBM. Jurnal Abdimas PLJ, 2(2).

Octavia Isroissholikhah, W. (2022). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.507

Octavianus, A., & Oktavianti, R. (2022). Personal Branding Influencer pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus pada Akun @veliaveve). Koneksi, 6(2). https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15779

Paramesti, E. M., Alamiyah, S. S., & Cahayani, F. Y. (2021). Trend Peralihan Artis Televisi Menjadi Youtube Content Creator. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.2.139-152

Sulistianto, T., Rahmawati, S., & Kartika, L. (2022). STRATEGI PENINGKATAN PROFITABILITAS PROFESI CONTENT CREATOR SEBAGAI ALTERNATIF PILIHAN KARIER ERA 4.0. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4). https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.409

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2).

Tafesse, W., & Dayan, M. (2023). Content creators’ participation in the creator economy: Examining the effect of creators’ content sharing frequency on user engagement behavior on digital platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 73. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103357

Tanjung, M. R. (2021). Video Chanel Youtube Sebagai Media Baru Pembelajaran Creative Art. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 6(2). https://doi.org/10.22303/proporsi.6.2.2021.114-123

Diterbitkan

2025-07-12

Cara Mengutip

Hadinata, E., Irwan, D., Elhanafi, A. M., & Handoko, D. (2025). Pelatihan Strategi Marketing Pemanfaatan Content Creator Pada Bisnis Food and Beverage Studi Kasus Bisnis Madu Hutan. JURIBMAS : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(1), 137–148. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.460

Terbitan

Bagian

Articles